• Posted by : Ridwanaji Selasa, 07 Juni 2016


    Kurogane Ichiba volume 1

    Judul : Kurogane Ichiba
    Pengarang : Masaki Goto
    Penerbit : Elex Media Komputindo
    Volume : 1 (masih berlanjut)
    Harga Buku : Rp. 25.000,-
    Tahun Terbit : 2015

    Kurogane anak yang terlahir sebagai keturunan bangsawan konglomerat Ichiba (marga), merasa sedih karena tidak pernah mempunyai sesuatu yang diperolehnya sendiri karena kehidupannya yang lebih dari sekedar berkecukupan, dan memutuskan untuk masuk ke suatu sekolah kejuruan. Di sana, semua hal dinilai dari “uang” yang didapat dan dikumpulkan!! Apakah kondisi ini bisa membuatnya mandiri tanpa fasilitas sebagai anak konglomerat.

    Kurogane Ichiba atau berjudul asli Ichiba Kurogane wa Kasegitai (Ichiba Kurogane yang ingin mendapatkan penghasilan) adalah komik/manga ciptaan Masaki Goto yang pertama kali diterbitkan tahun 2012 di Jepang oleh Shogakukan. Bergenre kehidupan sekolah,komedi dan kehidupan sehari-hari, komik ini bercerita tentang seorang remaja laki-laki bernama Kurogane Ichiba, anak dari konglomerat Ichiba yang punya sifat dan kemampuan yang aneh (mata kirinya bisa melihat potensi kesuksesan orang yang dilihatnya). Berbeda dari anak-anak konglomerat lainnya, Kurogane membenci orang-orang yang hanya bisa memakai dan menikmati uang yang diperoleh orangtuanya saja. Bagi Kurogane sesuatu yang indah sejatinya adalah seseorang yang bekerja keras demi memperoleh uang, orang yang hanya bisa memakai uang yang diperoleh orang lain sama sekali tidak indah. Karena Kurogane sendiri tidak pernah menghasilkan uang dengan usaha sendiri, akhirnya dia berniat menguji dirinya sendiri dengan masuk sekolah yang paling sulit dan ‘indah’ di dunia, Institut Gakuenzono. Institut Gakuenzono adalah sebuah sekolah raksasa yang didirikan di sebuah pulau dengan jumlah siswa mencapai 30 ribu orang. Keistimewaan dari sekolah ini adalah seluruh siswa bisa bersaing secara sehat untuk berbisnis dan mengumpulkan uang mulai dari nol. Alasannya hanya satu, karena semua hal di sekolah ini hanya diukur dengan uang, uang, dan uang, termasuk kenaikan dan kelulusan. Siswa yang tidak punya uang akan dianggap hina, sedangkan yang kaya akan dijunjung setinggi langit. Bahkan ada desas-desus yang menyebutkan bahwa siswa dapat lulus tanpa mengikuti satu pelajaran pun asalkan memiliki uang yang banyak.
    Institut Gakuenzono

    Setelah Kurogane Ichiba sampai dan menginjakkan kaki di Institut Gakuenzono, dan bertemu seorang anak perempuan bernama Hana Naruko. Dengan menggunakan kemampuan mata kirinya yang bisa menganalisis kemampuan seseorang, Kurogane langsung jatuh hati dengan ‘keindahan’ Hana yang ternyata memiliki kemampuan memasak yang hebat. Baru juga sebentar berada di Gakuenzono, Kurogane langsung mendapat masalah. Kurogane tanpa sengaja mengeluarkan beberapa lembar uang pecahan 10 ribu yen. Membawa mata uang dan alat pembayaran selain yang diizinkan di Institut Gakuenzono rupanya adalah pelanggaran sehingga dompet Kurogane beserta isinya disita oleh Komite Disiplin. Dalam Gakuenzono hanya berlaku satu mata uang yaitu mata uang‘Gakuen’, sehingga mata uang dan alat pembayaran lain tidak boleh digunakan. Sesuai dugaan Kurogane, Hana Naruko ternyata adalah anggota klub memasak, tapi dia sedang mengalami masalah karena restoran klubnya sepi pengunjung dan akan segera ditutup. Sadar dengan bakat dan kemampuan Hana yang tidak bisa dilewatkan begitu saja, akhirnya Kurogane mengajak Hana untuk berbisnis bersama. Dengan menggunakan kemampuan analisis mata kirinya, Kurogane merancang strategi luar biasa jenius yang tiba-tiba mendatangkan banyak pengunjung dalam sekejap. Uang pun datang dengan sendirinya dalam sekejap, sehingga membuat Kurogane percaya diri mampu mengumpulkan uang lebih banyak dari siapapun di Gakuenzono.
    Baru juga masuk, Kurogane Ichiba langsung didenda 100 juta Gakuen

    Baru juga merayakan keberhasilan pertamanya di Gakuenzono, lagi-lagi Kurogane kesandung masalah, bahkan jauh lebih besar. Buntut dari pelanggaran yang dia lakukan sebelumnya, selain membawa uang dia juga membawa black card (alat pembayaran kelas atas layaknya kartu debit berisi uang tak terbatas). Hagane Asamatsuri si Ketua Murid atau Ketua OSIS Gakuenzono menjatuhi Kurogane denda senilai 100 juta Gakuen. Kurogane harus menanggung utang senilai 100 juta yang harus dicicil 3 juta per bulan selama 3 tahun. Jika tidak sanggup membayar, Kurogane akan dikeluarkan dari sekolah kapan saja. Beban utang seumur hidup membuat Kurogane dicap sebagai ‘orang yang paling tidak diinginkan masuk klub, tidak punya tempat tinggal, dan mendapatkan gedung sekolah nomor 13 yang paling bobrok karena tak mampu membayar biaya sekolah. Meskipun punya utang segunung, Kurogane tetap tidak menyerah untuk menjadi orang yang paling kaya di Gakuenzono. Karena tidak ada klub yang mau menerimanya, Kurogane akhirya menciptakan klubnya sendiri yang bernama “Mata Kiri Dewa’. Kurogane bahkan membuat perjanjian dengan Hagane si Ketua Murid untuk menanamkan modal di klub barunya. Kurogane akan mencarikan anggota staf komite murid yang tepat dengan kemampuan analisis mata kirinya. Jika Kurogane berhasil, sebagai balasannya Hagane akan mengeluarkan modal untuk klub ‘Mata Kiri Dewa’. Mampukah Kurogane Ichiba melanjutkan kehidupannya disekolahnya yang baru?

    Manga ini mempunyai banyak nilai plus, tiap alurnya menceritakan perjuangan seorang anak yang ingin hidup dengan hasil kedua tangannya tanpa menjadi beban orang lain, dia bahkan mampu membimbing bakat orang lain dengan memaksimalkan bakatnya merangkai srategi yang inofatif dan jenius. Kurogane pun tak pantang menyerah untuk tetap hidup di sekolah barunya walaupun dia mulai dibawah titik 0 dengan hutang 100 juta, ia tetap membuat klub walau tak ada klub yang menerimanya dan dia membuat orang disekelilingnya perlahan percaya pada kemampuannya.

    Saran yang dapat kita ambil adalah berani melangkah maju (dari zona aman), jangan pantang menyerah, berusahalah sekuat tenaga, kejarlah cita-citamu setinggi langit, serta jika kamu bersungguh-sungguh dalam melakukan perbuatan pasti akan mendapatkan hasil yang memuaskan.


    Anda dapat membaca manga/komik onlinenya di : http://mangapark.me/manga/ichiba-kurogane-wa-kasegitai-1

    0 komentar

  • Copyright © 2013 - Nisekoi - All Right Reserved

    Just for Share Powered by Blogger - Designed by Johanes Djogan